Laman

Kamis, 20 Mei 2010

Psikotropika




Adalah zat/obat yang dapat menurunkan aktifitas otak atau merangsang susunan saraf pusat dan menimbulkan kelainan perilaku, disertai dengan timbulnya halusinasi (mengkhayal), ilusi, gangguan cara berpikir, perubahan alam perasaan dan dapat menyebabkan ketergantungan serta mempunyai efek stimulasi (merangsang) bagi para pemakainya.

Jenis-jenis yang termasuk psikotropika :

Ekstasi

adalah salah satu obat bius yang dibuat secara ilegal di sebuah laboratorium dalam bentuk tablet atau kapsul. Ekstasi dapat membuat tubuh si pemakai memiliki energi yang lebih dan juga bisa mengalami dehidrasi yang tinggi, sehingga akibatnya dapat membuat tubuh kita untuk terus bergerak. Beberapa orang yang mengkonsumsi ekstasi ditemukan meninggal karena terlalu banyak minum air akibat rasa haus yang amat sangat.

Efek yang ditimbulkan, antara lain : diare, rasa haus yang berlebihan, hiperaktif, sakit kepala dan pusing, menggigil yang tidak terkontrol, detak jantung yang cepat dan sering, mual disertai muntah-muntah atau hilangnya nafsu makan, gelisah/tidak bisa diam, pucat dan keringat, dehidrasi, mood berubah. Akibat jangka panjangnya adalah kecanduan, syaraf otak terganggu, gangguan liver, tulang dan gigi keropos.

Ekstasi dikenal dengan sebutan inex, l, kancing, dll.

Sabu-sabu

Nama aslinya methamphetamine. Berbentuk kristal seperti gula atau bumbu penyedap makanan. Jenisnya antara lain gold river, coconut dan kristal, sekarang ada yang berbentuk tablet. Obat ini dapat ditemukan dalam bentuk kristal dan tidak mempunyai warna maupun bau, maka disebut juga ice.

Dikonsumsi dengan cara membakarnya diatas aluminium foil sehingga mengalir dari ujung satu ke ujung yang lain. kemudian asap yang ditimbulkannya dihirup dengan sebuah bong (sejenis pipa yang didalamnya berisi air). Air bong tersebut berfungsi sebagai filter karena asap tersaring pada waktu melewati air tersebut. Ada sebagian pemakai yang memilih membakar sabu-sabu dengan pipa kaca karena takut efek jangka panjang yang mungkin ditimbulkan aluminium foil yang terhirup.

Efek yang ditimbulkan : menjadi semangat, gelisah dan tidak bisa aman, tidak bisa tidur, tidak bisa makan, paranoid, gangguan hati (liver). Efek jangka panjang : fungsi otak terganggu dan bisa berakhir dengan kegilaan.

Gejala pecandu yang putus obat, yaitu : cepat marah, tidak tenang, cepat lelah, tidak bersemangat ingin tidur terus.

Sabu-sabu juga dikenal dengan istilah Glass, Quartz, Hirropon, Ice Cream, dll.

Tidak ada komentar: