Laman

Senin, 31 Mei 2010

Aksi Simpatik HTTS 2010



Senin, 31 Mei 2010

Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) Tahun 2010, WHO mengangkat tema "Gender and Tobacco with an Emphasis on marketing to Women" dengan kesepakatan tema nasionalnya adalah "Gender dan Rokok dengan Penekanan Pemasaran pada Perempuan". Makna dari tema ini adalah meningkatkan perlindungan kesehatan bagi masyarakat khususnya kaum perempuan dari bahaya rokok melalui upaya pengendalian tembakau.


Pada peringatan HTTS tahun 2010, Kementerian Kesehatan RI mengadakan Aksi Simpatik untuk menarik perhatian dan menggaungkan kembali gerakan masyarakat terhadap penanggulangan masalah merokok. Aksi Simpatik ini bertujuan meningkatkan pemahaman, peranserta, dan kepedulian masyarakat dalam upaya pengendalian masalah rokok dan bahaya asap rokok. Acara dimulai pada pukul 09.00 - 10.30 dengan membagikan leaflet, selebaran, dan stiker bahaya rokok pada pengguna jalan yang melewati Bundaran Hotel Indonesia baik yang sedang berjalan kaki, berkendaraan dengan motor, mobil dan juga penumpang di bus umum.

Pesan pendukung yang diusung dalam acara ini adalah :

1. Gerakan perempuan untuk menciptakan rumah tanpa asap rokok.

2. Katakan tidak untuk merokok di dalam rumah!

3. Saatnya perempuan untuk mengatakan tidak untuk merokok

4. Perluas Kawasan Tanpa Rokok untuk kesehatan publik

5. Setiap 6 detik, 1 orang meninggal akibat merokok

Kegiatan aksi ini merupakan rangkaian acara peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) yang puncaknya akan diselenggarakan di Kota Padang Panjang hari ini. Mari bersama memerangi masalah merokok dan bahayanya untuk mewujudkan Indonesia sehat! (kps/www.promosikesehatan.com)

Tidak ada komentar: