Laman

Selasa, 04 Mei 2010

Pembinaan Poskestren

Hari ini, 04 Mei 2010, tim dari Promkes Dinkes Kabupaten Pasuruan mengadakan pembinaan Poskestren (Pos Kesehatan Poskestren) di wilayah Puskesmas Kraton dan Puskesmas Pasrepan. Poskestren merupakan UKBM yang dibentuk di Pondok Pesantren guna meningkatkan kesehatan warga pondok pesantren. Kegiatan Poskestren lebih banyak ditujukan kepada upaya-upaya preventif tanpa meninggalkan upaya-upaya kuratif dasar.

Pembinaan Poskestren kali ini berlokasi di Ponpes Rhoudhotul Hikmah Kraton dan Ponpes Miftakhul Ulum Pasrepan.

Di Ponpes Rhoudhotul Hikmah yang beralamat di Desa Bendungan Kraton, Poskstren sudah dapat dikatakan berjalan. Hal ini terlihat dari adanya bangunan khsusus Poskestren dengan dilengkapi dengan sarana pendukung lainnya, misalnya kotak obat, meja kursi pendaftaran, meja pemeriksaan, jadwal piket bagas. Operasional Poskestren ini setiap hari buka dengan jadwal jaga bagas dari tiap-tiap daerah/lokasi kamar para santri secara bergantian. Ponpes yang diasuh KH. Khusainy Abdullah ini memiliki santriwan sebanyak kurang lebih 120 orang dan santriwati berjumlah kurang lebih 90 orang. Berjalannya Poskestren ini tentu saja tidak lepas dari kinerja Puskesmas Kraton yang secara kontinyu melakukan pembinaan.

Sedangkan di Ponpes Miftakhul Ulum pimpinan KH. Masrukhin Baihaqi yang beralamat di Karangrejo Pasrepan, Poskestren masih dalam tahap pembentukan awal, meskipun sudah ada ruangan khusus yang diperuntukkan untuk kegiatan Poskestren namun masih perlu didukung dengan sarana dan prasarananya serta tentu saja dukungan dan bimbingan penuh dari Puskesmas Pasrepan. Ponpes ini memiliki santriwan sebanyak kurang lebih 185 orang dan santriwati berjumlah kurang lebih 300 orang.

Semoga melalui kegiatan pembinaan ini dapat mengoptimalkan fungsi dan peran Poskestren di kedua Ponpes tersebut dan pada akhirnya nanti diharapkan dapat berpengaruh terhadap perkembangan Poskestren di Kabupaten Pasuruan. 

Tidak ada komentar: