Laman

Senin, 24 Mei 2010

Monev Desa Siaga Gemerlap Bersama

Dinkes Kabupaten Pasuruan hari ini, tanggal 24 Mei 2010, melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap pelaksanaan kegiatan Desa Siaga Gemerlap Bersama. Kegiatan yang berlangsung di wilayah kerja Puskesmas Gondang Wetan ini dipimpin langsung oleh Kasi PSM dan Promkes.

Monev diadakan di empat desa, yaitu Desa Ranggeh, Desa Sekarputih, Desa Bajangan dan Desa Gondang Rejo, tentu saja selama di lapangan tim Dinkes Kabupaten Pasuruan didampingi oleh Petugas dari Puskesmas Gondang Wetan.

Adapun tujuan dari monev ini adalah untuk melihat sejauh mana perkembangan pelaksanaan desa siaga gemerlap bersama. Dari hasil kunjungan di lapangan, didapatkan hasil antara lain kurangnya pemahaman bagas akan pentingnya aspek tertib administrasi, dimana banyak ditemukan, sebenarnya kegiatan sudah berjalan namun tidak dilakukan pendokumentasian kegiatan baik dalam bentuk laporan maupun visualisasi dokumen. Hal lain yang patut mendapat perhatian juga adalah masih kurangnya peran bagas sebagai ujung tombak kegiatan desa siaga dan Poskesdes, dimana masih terlalu tergantung pada bidan desa. Masalah pendanaan Poskesdes juga perlu diperhatikan, karena selama ini pendanaan bergantung pada dana pemerintah (APBN/APBD), meskipun sudah mulai ada dukungan dari desa namun nilainya masih dirasa sangat kurang.

Diharapkan melalui monev ini dapat meningkatkan perkembangan desa siaga gemerlap bersama 

Tidak ada komentar: