Laman

Minggu, 23 Mei 2010

Narkotika (Kokain)




Kokain adalah zat adiktif yang sering disalahgunakan dan merupakan zat yang sangat berbahaya. Kokain merupakan alkaloid yang didapat dari tanaman belukar Erythroxylon coca yang berasal dari Amerika Selatan, dimana daun dari tanaman belukar ini biasanya dikunyah oleh penduduk setempat untuk mendapatkan efek stimulan.

Saat ini kokain masih digunakan sebagai anestetik lokal, khususnya untuk pembedahan mata, hidung dan tenggorokan, karena efek vasokonstriksifnya juga membantu. Kokain diklarifikasikan sebagai suatu narkotik, bersama dengan morfin dan heroin karena efek adiktif dan efek merugikannya telah dikenali.

Efek yang ditimbulkan :

  1. Menjadi bersemangat, gelisah, tidak bisa diam, tidak nafsu makan, paranoid, lever terganggu
  2. Kokain mengakibatkan efek yang sangat kuat pada sistem saraf, pemakai kokain secara mental akan tergantung pada zat ini dan penggunaan yang teus-menerus dapat merusak otot jantung dan bahkan menyebabkan kematian
  3. Kokain sangat berbahaya karena perilaku yang menjerumus pada kekarasan merupakan efek langsung dari penggunaannya, bahkan sering menyebabkan impoten
  4. Berat badan menyusut, kejang-kejang, halusinasi, paranoid, kerusakan usus dan ginjal

Gejala pecandu yang putus obat, kecenderungan untuk bunuh diri. Orang yang mengalami putus kokain seringkali berusaha mengobati sendiri gejalanya dengan alkohol, sedatif, hipnotik atau obat antiansietas seperti Diazepam (Valium).

Nama lain untuk kokain : Snow, Coke, Girl, Lady, dan Crack (kokain dalam bentuk yang paling murni dan bebas basa untuk nendapatkan efek yang lebih kuat).

Tidak ada komentar: